Thursday 25 April 2013

Hati-hati Penipuan, Beredar Phishing Baru di Facebook

detail berita
Pengguna Facebook kembali diintai oleh penjahat cyber. Terkini, sebuah phishing Facebook baru telah beredar sekira selama satu bulan dan menipu para pengguna denganemail palsu.
 
Dilansir dari Softpedia, Jumat (26/4/2013), email penipuan yang beredar itu dilengkapi dengan keterangan "Notice Blocking Facebook Account". Pesan di dalam email itu meminta pengguna untuk mengkonfirmasi kembali akun mereka karena dicurigai tidak asli.
 
"Kami menerima respon bahwa akun Anda mungkin tidak sah. Facebook merupakan sebuah komunitas, tempat orang-orang berbagi dan berinteraksi menggunakan identitas asli. Harap konfirmasi akun Facebook Anda di bawah ini," demikian pesan yang tertulis dalam email penipuan tersebut.
 
"Semua akun yang tidak diverifikasi dalam waktu 24 jam akan dihapus dari database kami dan pengguna tidak akan bisa menggunakannya lagi. Terimakasih atas perhatian Anda," lanjut isi email itu.
 
Menurut website keamanan internet, Hoax Slayer, link yang terdapat dalam email itu mengarah ke sebuah website phishing yang nantinya meminta pengguna Facebook memasukan alamat email danpassword. Setelah langkah pertama penipuan itu selesai, pengguna diminta memasukkan informasi yang berhubungan dengan akun yang lain. Pada akhirnya, halaman website phishing ketiga muncul dan meminta pengguna memberikan rincian kartu kredit.
 
Jika Anda menemukan email penipuan itu, maka sebaiknya segera hapus pesan tersebut. Namun jika Anda telah terjebak, maka sebaiknya segera ubah password dan hubungi lembaga keuangan bersangkutan sebelum penjahat cyber menyalahgunakan kartu kredit Anda.



sumber

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2013. GADGETNEWS