Wednesday 1 May 2013

Pertama Kalinya dalam Sejarah Apple Cari Utang !


Keadaan internal perusahaan Apple kembali menunjukkan gonjang-ganjing. Pertama kali dalam sejarah Apple, mereka berniat mencari dana utang. Caranya yaitu dengan menerbitkan surat utang alias obligasi. 

Rencana mencari utang itu terungkap dalam laporan yang diberikan Apple kepada Securities and Exchange Commission (SEC) Amerika Serikat. Apple telah memberikan surat penawaran utang pada SEC serta menghubungi investor yang dipimpin Deutsche Bank dan Goldman Sachs. Surat utang Apple itu sendiri dinilai berada di level AA+ dan tidak ingin menjadikannya rating AAA karena pergerakan sektor industri teknologi yang sangat cepat berubah.

Perusahaan teknologi satu-satunya yang tak punya utang sama sekali ini mengagetkan publik saat mengumumkan akan menjual obligasi untuk pertama kalinya. Itu dilakukan untuk mendongkrak harga saham yang terus jatuh. Dari penjualan itu mereka berharap dapat menghimpun USD 100 juta untuk program pembagian dividen kepada pemegang saham. 

Berdasar laporan tersebut, sebenarnya saat ini Apple punya uang kas sebanyak USD 145 miliar (Rp 1.377 triliun). Namun diduga uang tunainya di Amerika hanya USD 45 juta dan itu tidak cukup untuk pembagian dividen. Kebanyakan dari uang itu berada di luar Amerika dan sulit dibawa masuk karena pajak di dalam negeri yang sangat tinggi. 

Hingga saat ini Apple belum memberikan komentarnya atas laporan persiapan mencari utangan tersebut. Belum diketahui juga apakah Apple mencari dana dalam bentuk dollar, euro atau mata uang lainnya. 

Sebelumnya Apple juga memberikan laporan keuangan yang buruk dengan anjloknya laba mereka secara drastis di kuartal kedua tahun ini. Total laba yang hanya 37,5 persen itu adalah pertama kalinya dalam sejarah 10 tahun Apple. Jumlah tersebut turun 18,1 persen dari laba pada periode yang sama di tahun sebelumnya yakni USD 11,6 miliar (Rp 110,2 triliun).



sumber

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2013. GADGETNEWS